Senin, 25 Maret 2013

Cara Menikmati Hidup

Apakah kita menikmati "HIDUP YANG SEKARANG INI?"

Ketika kita bertanya pada diri kita, apakah kita telah menikmati hidup yang sekarang sedang kita jalani, jawabannya bisa ya tetapi bisa juga tidak. Bisa saja kita lebih banyak tidak menikmatinya. Dalam DVD player ada 4 tombol yang selalu ada, yaitu :
  1. Tombol Eject 
  2. Tombol Rewind 
  3. Tombol Fast Forward 
  4. Tombol Play 
Keempat tombol tersebut bisa menggambarkan bagaimana kita menjalani hidup kita setiap harinya.  

Tombol Eject menggambarkan orang-orang yang menjalani hidup dengan keluar/lari dari hidup yang dijalaninya. Lari kepada kelakuan-kelakuan yang buruk, seperti mabuk-mabukan, bunuh diri, atau yang lainnya. Mereka ingin keluar dari kenyataan hidupnya. 

Tombol Rewind menggambarkan orang-orang yang dalam hidupnya tidak dapat maju, selalu terbelenggu dengan masa lalu yang membebaninya. Mereka yang tidak bisa melupakan rasa sakit dari kejadian sebelumnya. Mereka terbelenggu dengan trauma dan berteman dengan kesedihan. Tombol 

Fast Forward menggambarkan orang-orang yang selalu tergesa-gesa. Mereka yang terlalu sibuk, kesana-kemari. Melakukan ini dan itu dan seolah-olah tidak mempunyai waktu untuk menikmati film dengan aktor utama dirinya sendiri. Melihat hidup ini sekedar numpang lewat. 

Tombol Play menggambarkan orang-orang yang sungguh bisa menikmati hidup yang sedang dijalani. Inilah orang-orang yang selalu bahagia. Apapun keadaannya bisa merasakan bahwa berkat Tuhan selalu ada.

BAGAIMANA CARANYA?
  1.  Nikmati hari ini.Langkah awal yang tidak mudah. Lakukanlah segala sesuatu dengan tidak tergesa-gesa. Ketika kita makan bisa dengan perlahan kita bisa lebih merasakan apa yang sedang kita makan, tentunya akan berbeda dengan kita makan yang selalu tergesa-gesa. Ketika kita melakukan dengan tidak tergesa-gesa, disitulah muncul ketenangan, rasa syukur dan kedamaian.
  2. Menyederhanakan Kesenangan Dua orang yang sedang menerima sesuatu yang sama bisa berbeda cara mensikapi pemberian tersebut. Kesenangan sederhana adalah kesengan terbaik yang kita miliki. Mereka yang sederhana akan merasakan kesenangan yang berulang-ulang. 
  3. Memperkuat relasi Terkadang kita lupa bahwa relasi terbaik adalah relasi dengan orang-orang terdekat. Relasi kita (orang tua)  terhadap anak dan sebaliknya terkadang kita kalahkan dengan relasi antara kita dan pekerjaan. Bahkan sekarang ini relasi,  tersebut kadang diganti dengan benda-benda.
  4. Menunjukkan rasa syukur Menikmati berkat yang kita terima tidak ada hubungannya seberapa banyak berkat yang kita terima, tetapi seberapa besar kita menghargai berkat tersebut. Kalau kita ingin menikmati hidup, perkuatlah rasa syukur kita. Ketika kita selalu mencari apa yang tidak ada, kita akan kesulitan menemukan rasa syukur kita.
  5. Membagi kemurahan hati Ada dua alasan mengapa Tuhan memberkati kita. Yang pertama karena Tuhan ingin kita merasakan nikmatnya berkat itu. Alasan yang kedua, karena Tuhan ingin kita membuat orang lain menikmatinya juga. Berkat yang diterima melalui kita, sebagian juga untuk orang lain.

 
Design by Free Themes | Bloggerized by Krist - Premium Blogger Themes | God Bless U